Sabtu, 22 Desember 2012

Posko Damkar Bakal Dibangun di Serpong Utara

Untuk memperpendek jangkauan penanganan kebakaran di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) akan menambah poskonya di Serpong Utara tahun ini.

"Kita sudah menyiapkan lahannya di Serpong Utara. Tahun ini segera ada posko damkar di sana," kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangsel Uci Sanusi, Selasa (6/3/2012). Dalam pembangunan posko ini, damkar Tangsel dibantu oleh Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi Banten.

Lahan yang telah tersedia berada di samping aula Kecamatan Serpong Utara atau di halaman Kantor Kecamatan Serpong Utara. Uci menjelaskan, kawasan padat penduduk dan bangunan di kawasan Serpong berpotensi mengalami kebakaran. Keberadaan posko di Kecamatan Serpong Utara pun sangat diperlukan agar mudah mengakses lokasi kejadian. "Dari pengalaman di tahun 2011 lalu, kita melihat intensitas terjadinya kebakaran di Serpong ini tinggi," kata Uci.
Selain Serpong dan Serpong Utara, intensitas kebakaran juga sering terjadi di Ciputat, sedangkan yang paling jarang terjadi adalah di Kecamatan Setu. Saat ini damkar Tangsel hanya memiliki posko di Ciputat dengan empat mobil damkar, satu mobil tangki air, dan 63 personel.

Jika sudah ada posko di Serpong Utara, sebagian mobil damkar akan ditempatkan di sana. Namun menurut Uci, damkar Tangsel belum berencana menambah mobil damkar maupun personel di tahun ini. Ia berharap ada posko damkar di setiap kecamatan dan armada yang cukup di Kota Tangsel.
Karena baru memiliki kantor damkar di Ciputat, petugas damkar sering kali terkendala dalam jarak tempuh untuk menuju lokasi di kecamatan lain. Jika sudah ada posko di setiap kecamatan, Uci berharap dapat memperpendek jarak tempuh ke lokasi kebakaran.

"Kalau terjadi kebakaran saat jam sibuk, jalanan pasti macet. Kita harus punya posko di setiap kecamatan berharap bisa langsung cepat menuju lokasi kebakaran," ujarnya.
(Sumber: http://serpong.kompas.com/berita/detail/1437/Posko.Damkar.Bakal.Dibangun.di.Serp\ ong.Utara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar